Saturday 7 March 2020

Lupa Cabut Steker Bikin Listrik Boros?

Tindakan kecil yang disertai kesadaran ini sungguh bermanfaat untuk manusia. Selain bisa berkontribusi untuk melindungi alam, kamu juga bisa berhemat dalam pengeluaran. Yuk, cabut steker dan hemat listrikmu mulai dari sekarang!

Cabut steker dan hemat energi listrik! Selain bisa mengurangi dampak untuk pemanasan worldwide di masa depan, hemat energi listrik juga bisa kurangi pengeluaran bulanan. Perlu Anda ketahui juga, pemerintah juga tengah mengupayakan energi terbaru agar kita tidak lagi ketergantungan dengan energi fosil, seperti minyak, batu bara dan gas.

Nah, jika diperhatikan secara keseluruhan, kita begitu bergantung pada listrik yang dihasilkan oleh pembangkit di Indonesia yang rata-rata berbahan bakar batu bara. Oleh karena itu, semakin boros penggunaan listrik, maka stok batu bara di negeri ini jadi semakin cepat habis.

Sebenarnya begitu banyak cara menghemat listrik yang telah diketahui oleh orang-orang. Hanya saja, kesadaran dari diri kita masing-masing masih terbilang minim dan perlu diingatkan terus-menerus.

Salah satu hal kecil yang begitu sering kita lakukan adalah 'tidak mencabut steker dari stop kontak', dan kenyataannya steker listrik yang terus tersambung ke stop kontak, dapat berisiko merusak peralatan elektronik dan mengonsumsi aliran listrik secara terus-menerus.

Sebagai Gambaran

Kabel PC yang terpasang pada stop kontak, bisa mengonsumsi 50 watt for each jam dan kabel komputer bisa memakan listrik sekitar 20 watt for every jam.



Selain itu, peralatan elektronik lainnya yang dalam posisi hold on, misalnya mesin cuci, perangkat sound atau kulkas, bisa memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.

Nah, yang withering sering ditemukan adalah charger handphone, berdasarkan penjelasan dari Direktur Utama PT Energy Management Indonesia (EMI), Aris Yunanto yang dilansir dari detikcom, charger itu isinya adalah kumparan. Jadi, selama terpasang, maka akan aliran listrik akan terus berputar dan jika tidak tersambung dengan handphone, ada sekitar 30% listrik yang mengalir dari daya normalnya. Jadi, misalkan colokannya 5 ampere, maka akan ada 2 ampere yang terus terpakai.

Lalu charger handphone yang sering dibiarkan tersambung ke stop kontak, ternyata memakan kurang lebih 1 watt for each jam. Begitu juga dengan kabel televisi yang bisa menghabiskan listrik hingga 15 watt for every jam.

Selain mencabut steker, kamu bisa menggunakan AC seperlunya, gunakan elektronik hemat energi dan gunakan sistem pulsa untuk memantau pengeluaran listrik.

No comments:

Post a Comment

Jual murah apartemen galleri ciumbuleuit 2 bandung

Murah. BU. Dijual unit apartemen galeri Ciumbuleuit 2, lantai 2 no 18. Tipe studio lb 31, strata title, 1km, furnished, view taman, harga  4...